Lima kualitas jodoh idaman generasi milenial Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta (ANTARA) – Generasi muda selalu jadi pembawa perubahan, termasuk soal budaya dalam berkencan. Kalau dulu biasanya orang mencari jodoh dari asal atau status sosial yang sama, kini dengan pola pikir baru, kedua hal tersebut tidak selalu jadi prioritas.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Baca juga: Inspirasi hidupkan semangat cinta pada pasangan

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan aplikasi kencan Tinder kepada generasi milenial Indonesia, rata-rata menyebutkan mereka lebih menghargai hal-hal yang otentik dan personal, dan tidak ragu membuat relationship goals versi sendiri.

Sebagai contoh, ada beberapa milenials yang merasa penting untuk cari pasangan yang mau diajak glow up bersama, atau cari pasangan yang sepakat pake sneakers bersama di acara resepsi pernikahannya nanti.

Berikut ini adalah lima kualitas utama yang dicari generasi milenial untuk calon jodoh mereka, berdasarkan hasil jajak pendapat Tinder pada 1.000 milenial usia 18 hingga 25 tahun pada 2022, dalam siaran pers pada Kamis.

1. Open-minded dan bisa menerima perbedaan

“Aku punya pandangan dan preferensi pribadi untuk hal-hal tertentu, dan aku ingin pasangan aku bisa mencoba memahaminya,” ucap Andreas, member Tinder berusia 22 tahun.

Sebanyak 79 persen responden mengemukakan bahwa mereka mencari seseorang yang berpikiran terbuka dan bisa menerima pandangan mereka. Berpikiran terbuka dianggap sebagai kunci dari sikap menghargai dan empati terhadap pasangan, terlepas perbedaan yang dimiliki keduanya.

Baca juga: Tips membangun hubungan dengan orang baru

2. Bisa dipercaya dan bisa jadi tempat curhat

Punya hubungan yang saling percaya dan punya pasangan yang jujur tuh rasanya langka, seperti kata pepatah ‘Sekalipun di kubangan lumpur, berlian tetaplah berlian’. Artinya anda bisa bersikap terbuka dan tidak takut kelihatan rapuh di depan pasangan, tanpa harus bersikap defensif.

“Saat aku cerita ke pasangan tentang hal yang nggak bisa aku ceritakan ke teman atau keluarga, artinya aku merasa aman sama dia,” ucap Ghina, usia 23 tahun.

3. Bisa diajak tertawa dan bercanda bersama

Selera humor yang baik bisa menjadi hal yang menarik perhatian teman kencan. Sebanyak 64 persen responden setuju kalau menemukan pasangan yang bisa bercanda dan tertawa bersama adalah kunci utama untuk membuat hubungan semakin seru.

Baca juga: Perlukah menunggu untuk berhubungan intim setelah melahirkan?

4. Percaya diri dan nyaman sama diri sendiri

Seperti kapal yang berlayar di tengah ombak, orang yang percaya dengan dirinya mencerminkan bahwa dia orang yang stabil.

“Aku suka seseorang yang merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, karena artinya mereka nggak akan memperlakukan aku dan hubungan kita hanya untuk pelampiasan egonya” ujar Putri, seorang member Tinder berusia 23 tahun.

5. Memiliki nilai-nilai yang sama dengan kita

Sebagai member Tinder berusia 21 tahun, Oli mengatakan bahwa bisa bersama dengan orang yang memiliki nilai yang sama dengannya akan membuat kita bisa saling berbagi impian dan aspirasi.

“Kita jadi bisa saling mendukung satu sama lain,” ujar Oli.

Memegang nilai-nilai yang sama dengan pasangan memberikan kesempatan bagi anda dan pasangan untuk tumbuh dalam hubungan yang sehat, dan membangun pondasi yang kuat menuju jenjang yang lebih serius.

Kalau sudah memiliki nilai yang sama, maka sejumlah perbedaan seperti minat, hobi, sampai hal personal lainnya bisa saling beriringan, karena, ikatan yang kuat lebih penting dari apapun.

Baca juga: Tanda-tanda seseorang terjebak dalam hubungan “toxic”

Baca juga: Survei: 70 persen orang menunggu kurang setahun untuk katakan cinta

Baca juga: Pasangan China yang terjebak dalam kencan “lockdown” kini bertunangan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber Antara

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *