Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta (ANTARA) – Pakar kesehatan dr. M Berian Rachmanadi mengatakan bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu melancarkan peredaran darah.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres,” kata dr Berian dalam siaran pers Rheem pada Senin.

Menurut laporan Seen in the City, berendam air panas setelah olahraga membantu merelaksasi otot.

Baca juga: Mandi air hangat saat puasa percepat kehilangan cairan tubuh

Usai aktivitas, saat mandi air panas maka tubuh mengalami sejumlah perubahan di antaranya sirkulasi darah, temperatur inti tubuh bahkan perubahan kecepatan metabolisme.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berendam air panas setelah berolahraga mampu meminimalkan risiko kerusakan jaringan elastis. Orang-orang yang menggunakan bak mandi air panas setelah berolahraga cenderung memiliki lebih sedikit tanda mioglobin dalam darah mereka. Mioglobin adalah jenis protein yang dilepaskan ke aliran darah setelah kerusakan otot.

Setelah berolahraga, otot perlu didinginkan secara perlahan dan menghindari peradangan. Bersantai di dengan mandi air panas dapat membantu. Ini mengembalikan detak jantung ke normal.

Dalam kesempatan yang sama, Agatha Suci, artis dan pegiat hidup sehat menuturkan bahwa sebagai seorang ibu yang sangat aktif dan banyak kegiatan meski di tengah masa pandemi seperti ini, stres adalah sesuatu yang tak bisa saya hindari.

“Tapi bisa saya kelola dan siasati dengan rutin mandi dengan air hangat, mandi air hangat tak hanya membuat saya merasa lebih rileks, rutin mandi air hangat sebelum tidur juga mampu membuat kualitas tidur saya jadi lebih baik. Menurut saya Rheem XWell Series ini suhu air hangat yang diproduksi Rheem ini tidak berubah-ubah. Ini yang sangat terasa, jadi tubuh merasa rileks selama proses mandi. Dan ini pula yang menjadi pertimbangan saya ketika mencari perangkat pemanas air, konsistensi suhu air yang diproduksi sangat penting bagi saya.”

Rheem sebuah brand pemanas air global ternama asal Amerika, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya meluncurkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series.

“Rheem menghadirkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series yang dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot eksklusif, mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan lama sehingga level suhu air yang terjaga secara konstan dapat memberikan pengalaman mandi air hangat yang menyenangkan di rumah Anda,” kata Devid Suryawan, Head of Retail PT Dewata Vulcanindo Suryajaya.

Baca juga: Mengapa gatal sangat terasa pada malam hari?

Baca juga: Bolehkah penderita asma kulit mandi air hangat?

Baca juga: Perlukah mandi walau hanya keluar rumah sebentar?

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber Antara

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.