Cara sederhana cegah kulit kering saat puasa

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta (ANTARA) – Kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadhan cenderung menimbulkan masalah pada kulit seperti bibie kering, bibir pecah-pecah, hingga jerawat, kata dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Namun, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips sederhana namun jitu untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadhan, dikutip dari siaran pers Tokopedia, Rabu.

Banyak minum air putih

Selama Ramadhan, pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Diketahui, manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur.

“Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,” tambah dia.

Perhatikan durasi mandi dan suhu air

Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Makanan yang dikonsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kulit. Kurma, misalnya. Kardiana mengatakan, konsumsi kurma secara wajar dapat membuat kulit menjadi lembut.

“Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit,” ujarnya.

Baca juga: Tidur berlebihan selama Ramadhan buruk untuk kulit, benarkah?

Baca juga: Kehabisan pelembap kulit? Coba resep dari dokter ini

Pilih tekstur pelembap sesuai kondisi kulit

Kardiana menyarankan untuk memilih pelembap bertekstur ringan atau water based untuk kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering, pilih pelembap yang teksturnya lebih pekat atau creamy.

“Jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic,” imbuhnya.

Kurangi pemakaian produk yang memicu kulit kering

Meskipun rangkaian perawatan kecantikan kulit tetap harus dijalankan secara rutin selama Ramadan, hindari produk eksfoliasi yang dapat mengikis sel-sel kulit untuk sementara. Pasalnya, selama puasa, kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

“Cek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid seperti AHA, BHA, retinol dan sebagainya karena dapat menimbulkan iritasi,” kata Kardiana.

Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata mengatakan bahwa hingga 17 April 222, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh dari merek lokal yang terkurasi di kampanye Ramadan Beauty Week.

“Joylab dan Npure merupakan dua contoh dari sekian banyak UMKM yang ikut dalam kampanye ini,” kata Sherine.

Tokopedia Ramadan Beauty Week hadir dengan program menarik, mulai dari rilisan eksklusif, cashback hingga 50 persen, diskon hingga 90 persen, flash sale, serta live shopping melalui Tokopedia Play.

Baca juga: Saat puasa, jangan lakukan ini pada bibir kering

Baca juga: Pemilik kulit kering disarankan cuci wajah maksimal dua kali sehari

Baca juga: Ini kiat perawatan kulit kering hingga berminyak yang tepat

Sumber Antara

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.