Mengenal Hydrostop, lapisan kedap air solusi dinding rumah lembap

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta (ANTARA) – Pemilik rumah terutama yang menggunakan cara finishing dengan semen ekspos perlu memperhatikan kondisi dinding hunian mereka agar tidak lembap karena rembesan air hujan atau faktor cuaca lainnya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Baca juga: Intip rumah baru Ayu Dewi buat jadi inspirasi desain rumah impian

Konsep semen ekspos kini memang digemari karena membuat tampilan dinding rumah terlihat sejuk dan menarik menarik dijadikan latar swafoto. Kendati demikian, dinding dengan semen ekspos mudah retak sehingga memerlukan lapisan acian kedap air Hydrostop.

“Hydrostop merupakan acian kedap air yang dapat diaplikasikan dari dalam maupun luar ruangan. Hydrostop memiliki Polycrystallite Technology yang dalam keadaan basah akan aktif bekerja mengkristalisasi air rembesan yang masuk ke pori-pori atau retakan pada dinding, sehingga rembesan air akan terhenti.” ungkap Antony Kostka General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) dalam siaran pers, Selasa.

Baca juga: Hobi dekorasi rumah meningkat saat pandemi, penjualan IUIGA melesat

Manfaat dan cara pakai

Berbeda dari acian semen biasa, acian Hydrostop memiliki keunggulan anti lembap karena air rembesan akan bereaksi dengan membentuk polycrystallite sehingga pori-pori akan tertutup dan rembesan akan berhenti.

Lapisan itu juga mampu menahan air dari semua sisi yang terkontak langsung dengan air (sisi positif) maupun yang tidak terkontak langsung dengan air (sisi negatif) tanpa menyebabkan gelembung (blister).

Acian Hydrostop mampu menutup retakan dengan lebar hingga 0,5 mm dengan sendirinya melalui proses pembentukan polycrystallite atau kristalisasi air. Dengan demikian, lapisan itu juga dapat mengatasi permasalahan retak rambut pada dinding.

Hydrostop, lapisan kedap air solusi dinding rumah lembap (PIXABAY)

Baca juga: Kerja di rumah rasa staycation, kiat bikin kamar rasa hotel bintang 5

Cara pakainya adalah, pertama basahkan plesteran yang telah berumur tiga hari menggunakan air dari selang, lap basah atau semprotan tanaman, kemudian campur dan aduk hingga rata satu kemasan Hydrostop 20 kg dengan 6-7 liter air, Hydrostop kemasan 2 kg dengan 0,6 liter air, atau hingga kekentalan yang diinginkan.

Setiap 2 kg Hydrostop dapat melapisi bidang seluas 1 meter persegi dengan ketebalan acian 1-2 mm. Setelah itu aplikasikan adukan Hydrostop seperti acian kemudian basahi dan jaga kelembaban hasil aplikasi Hydrostop selama 2 hari berturut-turut.

Dalam satu hari Anda bisa melakukan beberapa kali proses pembasahan acian seperti pagi, siang dan sore hari. Tunggu beberapa hari maka dinding semen ekspos kedap air siap digunakan. Jika ingin melapisi dengan cat, Anda harus menunggu acian benar-benar kering sesuai standar acian pada umumnya.

“Penggunaan acian kedap air Hydrostop juga tepat untuk bangunan dengan kondisi dinding lembap karena naiknya air tanah ke tembok sehingga tembok selalu terlihat lembab pada bagian bawah, terutama untuk bangunan yang berada di area bersebelahan dengan lahan persawahan atau perairan lainnya,” kata dia.

Baca juga: Warna putih jadi tren produk rumah tangga selama pandemi COVID-19

Baca juga: Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadhan

Baca juga: Lima inspirasi “home office” warna pastel yang bikin betah saat WFH

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber Antara

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.