Pemenang L’Oreal Brandstorm usung inovasi untuk mendeteksi sinar UV

  • Whatsapp
banner 468x60

Dia pakai sistem bluetooth. Jadi dia otomatis langsung connect ke hp

Bacaan Lainnya

banner 300250

Jakarta (ANTARA) – Salah satu pemenang kompetisi L’Oreal Brandstorm yakni Stealth Squad mengusung inovasi “SunQuare” yang merupakan smart UV detector untuk penderita kulit yang sensitif terhadap matahari.

“Hal ini membuka mata kami. Banyak orang yang nggak sama kayak kita. Yang punya keunikannya masing-masing. Walaupun mereka berbeda bukan berarti mereka itu aneh. Karena mereka juga bilang sewaktu di interview, mereka suka dipanggil aneh,” ungkap Helena Oktaviani saat dijumpai di Jakarta Selatan, Jumat.

“Tapi dari situ kami terbuka matanya bahwa memang kita semua punya keunikannya masing-masing. Baik dari karakter, kulit, fisik. Nah itu yang menjadi keunikan masing-masing,” sambungnya.

Baca juga: Contek skincare rutin Lyodra dan Mahalini

Anggota Stealth Squad lainnya yakni Graciella Valeska Liander menjelaskan bahwa dengan menggunakan aplikasi My SunQuare App, aplikasi tersebut dapat memindai kondisi kulit serta dosis sinar UV yang bisa diterima oleh jenis kulit tertentu.

Setelah itu, aplikasi tersebut dapat disambungkan dengan alat SunQuare yang nantinya alat tersebut dapat berguna sebagai pengingat. Jika paparan sinar matahari sudah terlalu tinggi, maka alat tersebut pun akan mengeluarkan suara.

“Jadi bisa dikasih tahu nih, paparan sinar UV-mu itu maksimal 7 menit lagi. Jadi kamu harus re-apply lagi sunscreen-nya. Lalu bisa juga menghitung UV indeks-nya berapa. Kalau UV indeks sendiri ini ada standar dari WHO. Kalau sudah di angka sekian itu sudah ekstrem dan harus re-apply sunscreen-nya,” kata Graciella.

“Kalau orang normal sendiri pun harus re-apply sunscreen. Karena kalau berdasarkan riset itu 2 sampai 3 jam itu harus re-apply sunscreen. Karena kita ngerasa kan ‘Oh dari sinar matahari aja’. Padahal dari gadget juga ada. Dari komputer juga ada,” lanjutnya.

Baca juga: Urutan memakai produk “skincare” yang tepat

Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur seperti chat dengan dermatologi, merekomendasikan produk-produk yang cocok sesuai dengan jenis kulit pengguna, serta bisa mengobrol dengan penderita gangguan kulit lain seperti albino atau lain sebagainya agar mereka tidak merasa seorang diri.

Kemudian, alat SunQuare tersebut juga dapat terkoneksi dengan menggunakan bluetooth. Graciella mengatakan bahwa ke depannya, tim Stealth Squad juga akan menyesuaikan alat ini sesuai dengan kebutuhan pengguna.

“Dia pakai sistem bluetooth. Jadi dia otomatis langsung connect ke hp. Pengingatnya ada getaran, suara, sama lampu. Alatnya pakai baterai langsung dari matahari juga. Karena kan bakal ketemu matahari terus, jadi sekalian saja,” ujar Graciella.

“Rencananya ke depannya ini bisa diakses ke siapa saja. Mungkin ke depannya kita bakal eksplor lagi. Untuk orang disabilitas apa, perlunya metode pengingatnya gimana. Misalnya dia buta, kita bisa kasih taunya bisa dari suara saja atau vibrate saja. Tapi kalau tuli, kita bisa dari getaran atau cahaya,” tutupnya.

Baca juga: Tips perawatan dasar untuk kulit wajah yang wajib dilakukan

Baca juga: Kiat Mahalini lenyapkan jerawat yang meradang

Baca juga: Oh My Glam luncurkan lip cream dengan wangi kopi

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber Antara

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *